Survey Pelayanan
Informasi Publik

Search

Informasi Diklat

Provinsi Papua Barat Siap Hadapi TV Digital

Hasanudin
21 Apr, 2022

Dalam menyelaraskan Program TV Digital, Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia menggelar Webinar bertajuk “Siaran TV Digital Dari Indonesia Timur” yang berlangsung pada Rabu, 20 April 2022 Pukul 13.00-15.00 WIB.  Webinar ini merupakan kerjasama antara  Kementerian Komunikasi dan Informatikan dengan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia dengan target audiens Indonesia Timur atau Papua. 

Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Papua Barat, Frans H Istia yang menjadi salah satu narasumber pada webinar kali ini menjelaskan informasi terkini sudah menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat, terutama informasi mengenai pembangunan serta hiburan. Dalam memenuhi kebutuhan akan informasi, sebagian besar masyarakat Papua Barat menjadikan media televisi dan radio sebagai opsi utama. Oleh karena itu, peralihan sistem analog ke digital menjadi krusial seiring dengan perkembangan teknologi.  Menurutnya perpindahan TV analog ke TV digital di daerah Papua Barat masih memiliki beberapa tantangan, yaitu masih minimnya pemancar relay di sebagian besar wilayah di luar Ibu Kota Kabupaten/Kota. Selain itu, peralihan sistem analog ke digital perlu didukung dengan set top box (STB) untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara. Perpindahan tersebut juga turut memberikan ruang bagi industri penyiaran untuk berkembang melalui berbagai konten yang melibatkan sumber daya manusia (SDM) pada kawasan masing-masing.

Frans H Istia berharap bahwa dalam penyaluran bantuan set top box (STB), data dengan nama dan alamat penerima harus sesuai agar tidak terjadi polemik di masyarakat, adanya kepastian kuota dan sasaran set top box (STB) dari pemerintah pusat serta pembagian dari APBD propinsi dan kabupaten/kota, perlu dibangun infrastruktur penyiaran yang merata dan komperhensif, serta perlunya komunikasi yang intens antara Kementerian Kominfo dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten. Pemerintah Provinsi Papua sudah siap mengimplementasikan program migrasi siaran televisi analog ke digital yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat, sehingga dari program tersebut diharapkan dapat memberikan dampak yang bermanfaat bagi masyarakat.  Webinar Siaran TV Digital Dari Indonesia Timur ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan seperti tokoh masyarakat, pelajar dan mahasiswa, tokoh agama, kepala suku yang ada di wilayah Papua Barat, dan masyarakat umum di luar Papua Barat. (Penulis; Nurul Hidayanti, Silfa Futuchatul Hidayah dan Monica Andita Herawati-Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Tidar)  

3 Comments

  • Eleanor Fant

    So I said lurgy dropped a clanger Jeffrey bugger cuppa gosh David blatant have it, standard A bit of how's your father my lady absolutely.

  • Dominic

    David blatant have it, standard A bit of how's your father my lady absolutely.

    • Von Rails

      He nicked it get stuffed mate spend a penny plastered.!

Write a Review