Disable Preloader

Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Ternate kembali menjalin kerjasama dengan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Khairun Ternate Dalam Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kerjasama itu ditandai dengan penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) oleh Kepala RRI Ternate Yanto Prawironegoro dan Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unkhair Ternate Dra. Nurprihatina Hasan, bertempat di Ruang Rapat RRI Ternate, Rabu (3/8/2022).

Ruang lingkup MoA ini antara lain 

  1. Pelaksanaan delapan Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Pertukaran mahasiswa, magang/ Program Lapangan Persekolahan (PLP), membangun desa, project independent, asistensi mengajar, kewirausahaan, riset atau penelitian dan program kemanusiaan.
  2. Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat secara bersama.
  3. Kegiatan kebahasaan, kesastraan, kesejarahan, kepariwisataan, dan kebudayaan.
  4. Pelatihan keterampilan berbahasa.

Turut hadir dalam acara ini Kabag TU Malikam Sangadji, Koordinator LPU Samin Hamudu, Koordinator Pemberitaan Lalang Gumilang, dan Koordinator Programa Siaran Zakaria. Sementara dari pihak FIB Unkhair Ternate yang mendampingi Dekan yakni Kaprodi Ilmu Budaya, Kaprodi Perjalanan Wisata, Kaprodi Ilmu Sejarah, Kaprodi Antrologi Sosial.

Dalam sambutannya, Kepala RRI Ternate menyampaikan apresiasi atas kehadiran FIB Unkhair Ternate dalam rangka penandatangan MoA. Menurutnya, kerjasama ini sesungguhnya kedua pihak memiliki tugas yang sama, universitas melakukan langkah terobosan khususnya Pengembangan budaya dan Pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya memberikan pencerahan dan mendidik melalui siaran programa 4 LPP RRI Ternate. Ini bagian upaya dari kampus untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama mengangkat budaya Maluku Utara agar tetap eksis. “Sehingga anak muda terus mencintai budayanya meskipun ditengah menghadapi arus globalisasi yang kencang,”ungkap Yanto 

Sementara itu, dalam MoA ini LPP RRI Ternate akan membantu melalui programa siaran, sehingga apa yang disampaikan oleh perguruan tinggi bisa sampai ke masyarakat baik yang dewasa maupun generasi muda. RRI kata Yanto, memiliki fungsi sebagai lembaga yang memberikan edukasi baik secara umum maupun khusus. “Kita sadar betul masyarakat bisa hebat kalo dibekali dengan ilmu pendidikan yang baik. Kami siap memfasilitasi perguruan tinggi,”imbuhnya. Diakhiri sambutannya, reporter senior RRI ini mengajak kepada semua pihak agar bersama-sama membangun Maluku Utara. “Mari sama-sama kita bangun Maluku Utara dengan segala bidang agar Malut sejajar dengan daerah lain,”harapnya 

Sementara, Dekan FIB Unkhair Ternate, Dra. Nurprihatina Hasan mengungkapkan, keinginan mereka menjalin kemitraan dengan RRI lantaran di FIB selain pengajar, pihaknya juga dituntut membuat penelitian sesuai Tri Dharma. Nanti kata Dekan, dalam kerjasama ini tidak hanya memberikan informasi berdasarkan barang bacaan, tapi itu adalah hasil penelitian sehingga apa yang disampaikan itu adalah fakta “Kami ingin berkontribusi menyebarluaskan tentang budaya, pariwisata, sastra Inggris. Kami kira ini sangat penting sekali kami turut berperan aktualisasi diri,”ungkapnya. Dekan FIB berharap agar kerjasama yang sudah dituangkan dalam diktum MoA itu bisa dipahami bersama secara intens.

Share:
Survey Pelayanan
Informasi Publik