Disable Preloader

Guna meningkatkan Pendapatan Negara Bukan Pajak, LPP RRI menggelar Pengembangan Wawasan dan Peningkatan Kemampuan Marketing Representative pada Korwil VIII, Korwil IX, Korwil XIV, Korwil XV, Korwil XVI dan Korwil XVII (Sumatera dan Kalimantan) yang berlangsung pada tanggal 16-18 September 2020 di Hotel The Zuri Palembang, Sumatera Selatan. Direktur Utama LPP RRI, M Rohanuddin usai membuka secara resmi kegiatan ini mengungkapkan, bahwa RRI sedang mengembangan sistem teknologi Big Data yang merupakan terobosan baru dalam menghadapi era digitalisasi siaran dengan menerapkan teknologi Artificial Intellegent (AI) atau kecerdasan buatan. AI yang akan diterapkan RRI berlandaskan pada konsep pengelolaan Big Data mulai dari sejarah RRI hingga semua berita yang diproduksi RRI dari berbagai macam platform media yang dimilikinya."Data ini akan kami kumpulkan dan secara Artificial Intellegent dapat diakses oleh masyarakat, seperti mesin pencarian semacam Google. Program ini kami beri nama SPRINT (Sistem Pelacak Ragam Informasi News Terbaru).

Sementara itu, Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha LPP RRI, Anhar Ahmad, mengatakan, penerapan Artificial Intellegent akan lebih mengoptimalkan pemasaran RRI yang selama ini lebih mengutamakan produk siaran dengan mulai memasuki pasar digital mulai dari media sosial hingga e commerce. RRI punya beragam platform digital seperti RRI Net dan RRI Play Go, selama ini tidak bisa dijual karena regulasi tidak ada. Regulasi selama ini hanya memungkinkan bagi RRI untuk menjual jasa siaran, padahal ada tujuh potensi penerimaan negara yang salah satunya berbasis digital. Diakui Anhar, tantangan terbesar RRI untuk masuk ke pasar digital adalah kesiapan SDM khususnya tenaga pemasaran untuk dapat menguasai pemahaman tentang AI. Namun dirinya tetap optimis kemampuan SDM dapat ditingkatkan dalam beberapa bulan kedepan.

Hal senada juga disampaikan oleh Anggota Dewan Pengawas LPP RRI Tantri Relatami, bahwa tenaga marketing RRI tidak lagi menggunakan atau menghindari "cara-cara lama" untuk mendapatkan klien dan kue iklan, untuk itu dirinya mendukung penuh setiap langkah atau upaya dalam meningkatkan kemampuan dan pengembangan wawasan tenaga pemasaran di LPP RRI.

 

 

 

Share:
Survey Pelayanan
Informasi Publik